Beasiswa S2 ke Swedia 2024: Kuliah Gratis, Dapat Uang Saku, Tanpa Batas Usia

Beasiswa S2 ke Swedia 2024: Kuliah Gratis, Dapat Uang Saku, Tanpa Batas Usia

KOMPAS.com - Pemerintah Swedia membuka pendaftaran kuliah jenjang master atau S2 tahun 2024. Melalui beasiswa Swedish Institute Scholarship for Global Professionals (SISGP) 2024, Pemerintah Swedia membuka peluang bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Dilansir dari laman Swedish Institute, pendaftaran beasiswa dibuka sampai 15 Januari 2024. Adapun mahasiswa bisa mendapatkan tunjangan awal sampai Rp 38,5 juta, meliputi uang saku bulanan Rp 17,1 juta per bulan hingga hibah perjalanan yang dibayarkan satu kali sebesar Rp 21,4 juta.

Beasiswa ini merupakan beasiswa penuh atau kuliah gratis yang ditanggung Pemerintah Swedia. Tidak ada batas usia bagi pelamar, bahkan pendaftar yang memiliki dua kewarganegaraan bisa ikut mendaftar.  Penasaran dengan sejumlah persyaratan dan jadwal serta cara daftarnya? Cek informasinya di bawah ini.

Cakupan Beasiswa S2 Swedia 2024 

Biaya kuliah penuh yang akan dibayarkan langsung ke universitas yang dipilih setiap awal semester 

Uang bulanan sebesar SEK 12.000 atau setara dengan Rp 17,1 juta untuk biaya hidup penerima beasiswa 

Asuransi kesehatan dan kecelakaan 
Hibah perjalanan sebesar SEK 15.000 atau setara dengan Rp 21,4 juta yang dibayarkan satu kali Keanggotaan Swedish Institute Network for Future Global Leaders (NFGL) 

Setelah periode beasiswa berakhir, penerima akan terdaftar sebagai anggota Swedish Institute Alumni Network.

Persyaratan Beasiswa S2 Swedia 2024

Kriteria penerima beasiswa yang paling utama adalah terdaftar dalam 41 negara pilihan beasiswa ini. Berikut rinciannya: 

1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI). Calon pendaftar tidak harus berdomisili di negaranya tersebut saat mendaftar. Apabila pendaftar memiliki dua kewarganegaraan di antara 41 negara yang terdaftar, pendaftar hanya boleh mendaftarkan salah satunya. Pendaftar yang mendaftarkan dua kewarganegaraannya akan didiskualifikasi. didiskualifikasi. 

2. Memiliki pengalaman kerja minimal 3.000 jam dari maksimal tiga organisasi atau perusahaan 

3. Mendaftar program S2 yang memenuhi syarat untuk beasiswa SISGP 

4. Membayar biaya penerimaan di universitas yang dipilih 

5. Membuat CV . 

6. Memiliki bukti pengalaman kerja dan kepemimpinan 

7. Surat referensi sesuai format Swedish Institute 

8. Membuat Motivation letter 

9. Memiliki salinan paspor atau NIK 

10. Pendaftar sudah harus diterima dalam program Master universitas di Swedia pada 30 Maret 2024. 

Perlu diketahui, terdapat sejumlah ketentuan yang dilarang serta biaya yang tidak ditanggung oleh beasiswa ini. Berikut daftarnya: 
  • Beasiswa ini tidak menanggung biaya tambahan bagi anggota keluarga 
  • Beasiswa ini tidak menanggung biaya masuk universitas 
  • Beasiswa ini tidak mengizinkan penerimanya mengganti program studi Beasiswa ini tidak dapat diperpanjang atau diubah periodenya. 
Cara daftar Beasiswa S2 Swedia 2024

Proses pendaftaran untuk universitas di Swedia dikelola lewat satu portal khusus. Kamu dapat mengajukan permohonan untuk 4 program master. Klik laman UniversityAdmissions.se dan daftar program master Anda paling lambat tanggal 15 Januari 2024. Setelah Anda mengirimkan permohonan master di laman tersebut, Anda akan mendapatkan nomor pendaftaran pribadi yang terdiri dari delapan digit. Simpan nomor aplikasi Anda untuk masuk ke laman Beasiswa SI. Permohonan beasiswa SI Anda akan didiskualifikasi jika Anda mengetikkan nomor lamaran pribadi yang salah saat mengajukan beasiswa.

Jadwal  pendaftaran 
  • Pendaftaran program Master ke universitas di Swedia: 16 Oktober 2023-15 Januari 2024 
  • Pemberitahuan dokumen aplikasi pendaftaran beasiswa SISGP: November 2023 
  • Pendaftaran dan aplikasi SISGP melalui portal online: 12-28 Februari 2024 Pengumuman penerimaan universitas: 21 Maret 2024 
  • Pengumuman penerimaan beasiswa SISGP: 25 April 2024 
  • Itulah informasi mengenai Beasiswa S2 Swedia atau program SISGP 2024. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui laman ini.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beasiswa S2 ke Swedia 2024: Kuliah Gratis, Tanpa Batas Usia, Uang Saku", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2023/10/18/070000071/beasiswa-s2-ke-swedia-2024--kuliah-gratis-tanpa-batas-usia-uang-saku?page=all.

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar